Tips Bagaimana Cara Mendapatkan Suatu Informasi Tanpa Harus Mengikuti yang Nama nya "Fandom"

 

Apa yang anda pikirkan tentang fandom ?, pasti rata-rata orang berpendapat bahwa fandom adalah sebuah grup atau sebuah perkumpulan yang memiliki suatu kesamaan dari segi hobi atau kesukaan. Baik itu dia penyuka koleksi mainan, penyuka suatu band, penyuka Boyband/Girlband atau apapun itu selagi mereka masih memiliki hobi yang sama dan tentu nya tidak berbau kejahatan atau kriminal. Fandom atau yang bisa kita artikan sebagai kepenggemaran pada hakekat nya adalah sebuah subkultur yang terdiri dari sekelompok penggemar yang ditandai oleh perasaan empati dan persahabatan terhadap orang lain yang memiliki minat yang sama. 

Nama-nama tiap fandom pun juga beragam tergantung hobi atau kesukaan yang mereka ikuti dan juga nama-nama fandom yang mereka geluti pun unik-unik, ada nama fandom untuk skala besar (misal untuk nasional atau dunia) dan ada juga yang nama fandom nya untuk skala kecil (misal untuk kota, daerah atau kabupaten).

Tetapi, ada sebagian orang yang notabene nya tidak terlalu suka sama suatu fandom dikarenakan berbagai hal. Mulai dari member yang sedikit rada-rada tingkah laku nya hingga TOXIC yang tidak ada habis nya. Akibat nya, sebagian orang lebih memilih keluar dari fandom tersebut dan ada kemungkinan untuk tidak kembali ke fandom tersebut dengan berbagai macam alasan juga. 

Sebagian orang akan berpikir dua kali jika mereka ingin ikut fandom tersebut (karena alasan sebelum nya) atau malah lebih memilih untuk tidak ikuti fandom tersebut sepenuhnya, tetapi bagaimana orang tersebut bisa mendapatkan berbagai macam informasi dan tetap menyukai suatu hal meski dia tidak ikut fandom nya ?. Saya menyadari akan hal itu, maka dari itu saya akan memberikan sebuah tips bagaimana mendapatkan berbagai informasi tanpa harus mengikuti fandom nya. Berikut tips nya untuk.

  • Follow orang-orang yang expert atau Follow akun official nya  

Hal yang paling pertama dalam mendapatkan informasi mengenai kesukaan kalian adalah dengan memfollow orang-orang yang expert pada suatu hal atau anda bisa juga memfollow akun official nya, misalnya kamu ingin tahun soal suatu game, maka carilah akun official suatu game tersebut di sosial media atau kalian bisa mengikut orang yang memang paham sama game (baik itu secara keseluruhan maupun specialist di suatu game atau genre game yang mereka geluti). 

  • Gunakan Wiki atau Youtube 
Terkadang ada beberapa info-info yang biasa kita temukan di suatu media sosial, tetapi kamu belum juga paham. Maka Wiki atau Youtube bisa jadi hal utama, apa konteks nya ?, ada beberapa info yang notabene nya fresh dari orang-orang yang sudah expert terhadap suatu hal terutama wiki yang dimana ditulis oleh orang atau admin yang memiliki pengetahuan yang cukup mengenai suatu hal yang disukai. Youtube bisa menjadi sarana lain nya untuk mendapatkan info dan bahkan bisa lebih mendetil karena penjabaran nya secara lugas maupun detil sekalipun.   

  • jika kamu pengguna facebook, Ikuti suatu fanpage atau grup yang aktif 
Kalau misalkan anda punya akun facebook, tak ada salah nya untuk mengikuti suatu fanpage atau grup yang aktif dan terkadang ada beberapa pendapat-pendapat yang menarik di dalam nya. kenapa ?, karena pada konteks nya kita banyak menemukan hal-hal baru yang kita tidak tahu sebelum nya. Misalnya kamu main game fighting maka carilah Fanpage atau grup yang suka membahas hal itu atau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai drama korea maka carilah grup atau fanpage yang fokus nya bahas drama korea 

  • coba diskusikan mengenai suatu hal kepada teman anda  
Tidak ada salah nya jika anda ingin membahas suatu hal kepada teman anda, tentu nya harus mencari teman yang expert terhadap suatu hal, misalnya jika kamu ingin membahas suatu game dengan genre MOBA, maka carilah teman yang paham terhadap genre MOBA atau bahas kamu ingin bahas film horor, maka carilah teman yang paham betul dengan film horor. 

Itu tadi adalah tips bagaimana cara mendapatkan informasi tanpa harus mengikuti fandom nya, semoga dengan tips ini bisa memiliki manfaat yang berarti. Penulis tidak masalah jika anda ingin mengikuti suatu fandom, tetapi jika anda mulai tidak suka dengan suatu fandom atau malas dengan suatu fandom maka cara ini mungkin bisa anda aplikasikan.   

Komentar

Postingan Populer