[opini] Mengetahui Kenapa Masakan Asli Indonesia Masih Tetap Eksis Hingga Kini

 


Pernahkan anda berpikir apa jadi nya kalau masakan asli indonesia bersaing dengan masakan-masakan dari luar indonesia yang notabene nya lebih dikenal dan makanan kekinian yang tentu dibuat oleh kalangan anak-anak muda ?, tentu mau tidak mau harus bersaing dengan harapan tidak tergerus dengan makanan-makanan luar atau kekinian. 
Ada Beragam-macam makanan asli indonesia yang tersebar di berbagai pelosok indonesia, mulai dari sabang sampai merauke dengan berbagai jenis bahan dan olahan yang beragam. Selain itu banyak juga makanan asli indonesia yang sudah mulai dijual ke berbagai daerah di indonesia (terutama daerah Jabodetabek) baik itu dalam bentuk gerobak yang biasa ada dipinggir jalan hingga dalam bentuk restoran. Makanan yang dijual pun beragam macam, dari makanan manis hingga pedas sekalipun. 

Balik lagi ke permasalahan, dengan adanya masakan dari luar indonesia dan sekarang ada masakan dengan konsep kekinian, penulis ingin mengajukan beberapa pertanyaan  "apakah masakan asli indonesia masih bisa eksis hingga kini ?", apakah orang-orang masih ingat masakan asli indonesia atau mungkin sudah lupa dengan masakan asli indonesia ?" serta "apakah orang indonesia lebih suka masakan luar atau kekinian daripada masakan asli indonesia ?".

Dari semua pertanyaan tersebut, tentu kita mencari tahu jawaban yang lebih logis dan bisa diterima, lantas apa jawaban nya ?, dari pertanyaan tersebut bisa penulis simpulkan bahwa "MASAKAN ASLI INDONESIA MASIH SANGAT BISA EKSIS HINGGA SEKARANG DAN ORANG-ORANG TENTU MASIH  MENGINGAT BEBERAPA MASAKAN ASLI INDONESIA". Tentu ini adalah jawaban yang paling logis menurut saya.

Kenapa demikian, dibailk ramai nya masakan dari luar atau kekinian, tentu saja masakan asli indonesia ini harus mencari akal dengan cara mempromosikan tiap makanan dari berbagai daerah di indonesia dengan tujuan agar menaikan popularitas misalnya dengan membuat suatu restoran yang berfokus pada makanan yang terkenal di indonesia, misalnya seperti Restoran Remboelan dengan fokus masakan khas indonesia dengan gaya modern yang berada Gandaria City. Warung MJS dengan konsep unik dan kental sama nuansa jawa yang berada di setiabudi kuningan, Warung Ponyo dengan konsep makanan sunda yang berada di Kota bekasi atau Warung Padang Merdeka/Restoran Sederhana/Restoran Pagi Sore yang notabene nya adalah restoran yang menyajikan makanan Khas indonesia dari Sumatera Barat. 

Dengan hal itu, popularitas masakan khas indonesia terus naik secara terus menerus terlebih sosial media menjadi alat untuk menaikan popular. Misalnya memperkenalkan suatu masakan indonesia tapi mempromosikan nya dengan cara unik yang bisa menimbulkan hal itu menjadi viral dimana-mana.   

Banyak juga orang-orang luar indonesia yang tertarik dengan masakan-masakan asli indonesia salah satu nya adalah Chef Gordon Ramsay yang beberapa bulan lalu datang ke indonesia karena penasaran dengan salah satu masakan asli indonesia yang telah mendunia yaitu Rendang.  

Harapan saya tentang hal ini adalah semoga masakan asli indonesia bisa selalu eksis dari generasi ke generasi dengan harapan bisa bersaing di era modern ini.  
    


Komentar

Postingan Populer