Bagaimana Kesan Pribadi Mengenai D4DJ Groovy Mix

 


Setelah sukses dengan Bang Dream Girls Band Party, Bushiroad kembali membuat suatu gim sekaligus memperkenalkan franchise terbarunya dengan genre yang sama tapi dengan tema yang terbilang sangat unik yaitu Disc Jockey alias DJ. Dig Delight Direct Drive atau yang bisa disingkat adalah D4DJ Groovy Mix adalah gim baru dari Bushiroad yang bekerja sama dengan Donuts dalam mengembangkan gim ini. 

Gim ini pertama kali diumukan di acara Bushiroad DJ Live Vol.2 pada April 2019 dan pada awal tahun 2020 dibuka pra-pendaftaran untuk Beta yang diberi nama D4DJ Groovy Mix D4U (sekedar mengingatkan bahwa versi D4U sudah tidak dimainkan sejak akhir september lalu) dan kemudian di bulan Oktober 2020 dibuka CBT untuk gim ini yang dimulai tanggal 18 oktober perilisan perdana nya pada tanggal 25 Oktober pada tengah malam waktu jepang. Selain itu, gim ini juga akan rilis untuk server luar jepang pada 2021 dengan status digabungkan dengan server jepang. Dengan kata lain, konten yang ada di luar jepang dan di jepang itu sendiri akan sama persis.

Para fans di jepang menyambut gim ini dengan tangan terbuka dan tentu nya respon atau feedback yang dihasilkan sangat positif. Maka ada kemungkinan kesuksesan Bang Dream akan bisa ditularkan ke D4DJ terlebih fans di luar jepang sangat antusias dengan D4DJ. Dan juga Gim ini juga memiliki versi Animation yang kalian bisa tonton secara resmi di Youtube Channel D4DJ (versi jepang dan versi inggris/Indonesia).  

Ada 6 Unit di gim ini yang berisikan empat personil dengan mengisi berbagai macam posisi mulai dari DJ, VJ, Gitaris dan Singer. 6 unit tersebut adalah Happy Around!, Peaky P-Key, Photon Maiden, Merm4id, Rondo dan Lyrical Lily. Kemudian ada tambahan dua unit tambah yang dihtiung sebagai backup unit. Dua unit tersebut adalah Scarlet Canary dan LynxEyes.

Berbicara mengenai kesan saya mengenai D4DJ, tentu saya sudah memainkan ini dari versi D4U walau tidak terlalu lama hingga mencoba CBT nya sampai perilisan perdana nya. Lantas apa yang didapatkan oleh saya terhadap gim ini, berikut ulasan singkat nya untuk anda. 

Dari Segi Gameplay

Gameplay yang disajikan di gim ini terbilang unik, kenapa unik ?, kalian coba pikirkan apa jadinya kalau gim Beatmania IIDX kawin silang dengan gim Soundvoltex ?, akan menjadi suatu mekanisme yang benar-benar seru sekaligus sedikit tricky, kalian bisa melihat contoh gameplay nya.



Walau memang terlihat sangat ribet dan tricky, kalian tidak usah khawatir dengan hal itu, di gim ini tersedia Auto Mode yang dimana akan mempermudah kalian untuk memainkan nya. Mulai dari Auto Slider, Auto Turn Table touch hingga kamu pun bisa membuat semua jadi Auto. Tentu pasti ada kegunaan nya, apa kegunaan nya ?, biar mempermudah mempelajari note atau pattern dari tiap-tiap lagu tanpa harus melihat ke youtube serta anda yang ingin sekedar mendengarkan lagu-lagu tanpa harus memainkan nya. 

Dari Segi Grafik

Grafik di gim ini bisa dibilang sama dengan Bang Dream, hanya saja efek yang ditampilkan di gim ini lebih meriah jika dibandingkan dengan Bang Dream walau sejujurnya live 2D nya lebih unggul Bang Dream dibandingkan dengan gim ini.    

Dari Segi Cerita             

Untuk dari segi cerita, sebenarnya ini hampir sama dengan konsep cerita di bang dream hanya saja ada sedikit perbedaan dari tiap-tiap karakter yang membawakan cerita tersebut. Sama seperti Bang Dream, tiap unit memiliki cerita nya masing-masing tiap episode. Syaratnya dengan memainkan tiap unit sampai level unit tersebut naik plus membuka episode baru (maksimal level tiap unit sampai 20). Ada tiga tipe story di gim ini, Pertama Event Story, Road to D4FES dan D4FES Story.

Dari Segi Lagu yang Dibawakan 

Lagu yang ada di game ini terbilang anti mainstream. Kenapa demikian ?, karena ada satu pack songs yang dimana lagu-lagu tersebut bukan berisikan cover atau original songs dari 6 unit tersebut melainkan bgm dari game-game lawas yang dibuat versi remix dan bahkan ada lagu dari Entrance pegulat New Japan Pro wrestling. Mereka adalah Kazuchika Okada alias Rainmaker, Kota Ibushi dan Hiroshi Takahashi.  

Kesimpulan  

D4DJ adalah sebuah game yang unik, seru, menantang dan tentu nya G A C H A. Penulis bisa menyakini bahwa D4DJ bisa sesukses Bang Dream mengingat Bushiroad sangat pintar dalam meracik strategi marketing nya dan tidak lupa bahwa D4DJ Juga memiliki akun sosial media yang kalian bisa follow yaitu Twitter (luar jepang dan jepang), instagram (jepang) dan Facebook (luar jepang). 

Sekian dan terima kasih 


Komentar

Postingan Populer